Ulangan Mid Semester 1

1. Jelaskan menurut pemahamanmu sendiri apa yang dimaksud dengan widget dalam sebuah blog?

Widget adalah sebuah aplikasi yang ada atau di pasang di dalam blog dan merupakan aplikasi pendukung untuk kelengkapan fitur di sebuah blog. Aplikasi tersebut berisi kode-kode yang bisa menampilkan tayangan ataupun sistem tertentu. Widget biasanya berupa gambar, video, dll. Ada juga widget yang berupa jam, tanggal/waktu, penampilan jumlah orang yang mengunjungi blog tersebut atau yang sering disebut juga dengan visitor.

2. Sebutkan dan jelaskan 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog!

  1. Popular Post : Widget ini wajib ada karena pengunjung dapat mengetahui topik apa yang sering di cari oleh pengujung-pengunjung yang mengunjungi blog kita. Usahakan menampilkan minimal 5-7 blog agar para pengunjung betah berada di blog kita.
  2. Arsip Blog : Banyak orang beranggapan bahwa arsip blog ini kurang penting, kalau masih tahap pemula atau kita hanya memiliki artikel yang sedikit memang arsip blog ini kurang penting, tetapi jika kita sudah memiliki 80-100 artikel lebih,widget ini wajib di pasang, karena widget ini berfungsi sarana dokumentasi untuk semua artikel yang sudah kita terbitkan. Artikel yang sudah lama kita terbitkan, dapat kita cari melalui widget ini. Pembaca juga dapat mengetahui berapa artikel yang sudah kita buat bulan maupun tanggal pembuatannya.
  3. Kategori atau Label : Widget ini wajib ada karena widget ini untuk mengelompokkan artikel yang sudah kita tentukan secara otomatis. Kategori atau Label berbeda tetapi memiliki fungsi yang sama. 
  4. Search : Widget ini berfungsi untuk mencari artikel pada blog. Dengan ada nya search ini, pengunjung dapat langsung memasukkan kata kunci yang ingin dicari, hasilnya dapat kita lihat melalui tampilan pada blog kita.
  5. Recent Post : Widget ini berfungsi untuk memberi tahu kepada para pengunjung artikel terakhir apa yang kita buat atau artikel terbaru. Widget ini juga berfungsi untuk mempromosikan artikel terbaru yang ada pada blog kita.
3. Jelaskan langkah-langkah memasang widget dalam sebuah blog!
  1. Sign in ke blog yang kalian miliki.
  2. Klik Tata letak yang ada di samping layar kiri hp atau komputer kalian.
  3. Jika sudah muncul halaman layout blog kalian, pilih tambahan gadget di bagian yang kalian pilih.
  4. Lalu, nanti akan muncul berbagai macam widget yang dapat ditambahkan ke blog kalian.
  5. Contoh kalian memilih "daftar link", lalu kita dapat mengisi link. 
  6. Lalu, klik simpan.
4. Jelaskan langkah-langkah mengganti template blog!
  1. Sign ini ke blog yang kita miliki.
  2. Pilih menu template.
  3. Lalu, klik backup/restore.
  4. Klik Choose File, lalu pilih file yang sudah kita download sebelumnya.
  5. Lalu, klik tutup. 
5. Sebutkan 3 kata kunci dalam ceramah!
  • Isi/Topik
  • Pembicara
  • Pendengar

Komentar