Pokok-pokok Pembicaraan


Hai semua!
Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas pelajaran bahasa indonesia yaitu ceramah. Tetapi, sebelum kita masuk ke dalam topik ceramah ini. Saya akan membahas awal nya agar kalian dapat mengerti apa itu ceramah. Yuk, mari kita lihat pokok-pokok pembicaraan dalam bahasa indonesia!

Saat kita bersekolah mulai dari SD,SMP,SMA dan sampai masuk ke jenjang perkuliahan dalam mempelajari bahasa indonesia pastinya kita memerlukan 4 ketrampilan dalam berbahasa ini :
1. Berbicara
2. Menyimak
3. Membaca
4. Menulis

Keempat hal ini sangat penting dalam belajar bahasa indonesia dan tentunya bisa berguna bagi kehidupan sehari-hari. Yang akan kita pelajari sekarang adalah menyimak bagian ini merupakan bagian terpenting. Mungkin kalian berpikir kalau menyimak sama dengan mendengar ataupun mendengarkan. Nah, mari kita lihat apa perbedaannya!
 1. Mendengar
     Mendengar mempunyai dapat menangkap bunyi dengan mengunakan telinga. Sadar atau tidak sadar, jika ada bunyi telinga kita akan menangkap atau mendengar bunyi-bunyi tersebut. Bunyi yang kita dengarkan mungkin menarik perhatian kita ataupun tidak. Mendengar sama saja seperti masuk telinga kanan dan keluar di telinga kiri. Ini contohnya :
a. Di depan rumah Rini mendengar bunyi motor lewat.
b. Saat Joni sedang bermain game di kamar, ia mendengar suara langkah kaki lewat di depan kamarnya.

2. Mendengarkan
    Mendengarkan adah merespon atau menerima bunyi secara disengaja. Mendengarkan lebih serius kepada ingin memahami ataupun ingin tahu. Contohnya :
a. Edy sedang mendengarkan berita tentang demo massa melalui radio hpnya.

3. Menyimak
    Menyimak merupakan merespon suara yang harus sungguh-sungguh di dengarkan dengan baik dan membutuhkan konsentrasi yang baik. Contoh :
a. Saat Pak guru mengajar murid-muridnya di sekolah.

Seperti yang sudah di katakan di atas yaitu, menyimak membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Ada 2 hal yang dapat menggangu konsentrasi kita dalam hal menyimak yaitu gangguan dari luar adapun gangguan dari dalam diri.

Gangguan dari dalam diri
Gangguan yang membuat kita tidak fokus muncul dari dalam diri kita misalnya ada masalah jadi kita memikirkan masalah tersebut terus-terusan, contoh yang lain saat ingin mendengarkan pelajaran kita lapar dan ingin cepat-cepat makan.

Gangguan dari luar diri
Gangguan yang ada di luar diri kita muncul biasanya dari teman kita yang mengajak ngobrol saat jam pelajaran ataupun terganggu karena teman sebelah asik mengobrol dengan teman lainnya.

Gangguan-gangguan tersebut bisa kita hindari apabila pengaruh ataupun masalah dapat kita hilangkan sejenak.

Pembelajaran bahasa indonesia dibagi menjadi 2 bagian yaitu:

Bahasa
Yang seperti kita ketahui bahasa merupakan cara kita berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.

Sastra
Sastra dibagi menjadi 2 bagian lagi yaitu Drama dan Cerpen.
Unsur-unsur yang terdapat di dalam Sastra ada ;
- Unsur Instrinsik :
a. Tema
b. Latar
c. Alur
d. Penokohan
e. Amanat
f. Sudut Pandang

- Unsur Ekstrinsik:
a. Latar Belakang

Sekian dari saya. Terima kasih telah membaca! :)

Komentar